-->

TAHLILAN ITU SUNNAH BUKAN BID'AH HASANAH



Hukum penyelenggaraan tahlilan/kalimat thoyyibah, Berkumpul untuk tahlilan, selametan, mendo’akan orang yang telah meninggal dan dasar hukumnya 

Kebanyakan orang2 yang sok pinter, sok sunnah beranggapan kalau Berkumpul untuk tahlilan, selametan, mendo’akan orang yang telah meninggal dan lain-lain itu bid’ah dholalah, syirik dll, pokoknya yang jelek2 untuk kegiatan ini, dengan alasan kalau kegiatan seperti itu adalah Tradisi orang2 jawa belaka, ada yang beralasan kalau perkumpulan seperti itu tidak ada dalilnya dll, padahal kalau kita pernah mengaji hadits, tafsir al-Qur’an dan kitab2 ulama terdahulu kita tahu kalau kegiatan semacam itu sangat sunnah, bahkan dianjurkan.
Berikut kami tampilkan sebagian tafsir al-Qur’an, Hadits dan Qoul Ulama:




Berkumpul untuk membacakan al-Qur’an orang yang telah meninggal serta makan minum dimajelis itu.
           الرسائل السلفية( ص46)
العادة الجارية فيى بعض البلدان من الاجتماع فى المسجد لتلاوة القران على الاموات وكذلك فى البيوت وسائر الاجتماعات التى لم ترد فى الشريعة لاشك ان كانت خالية عن معصية سليمة من المنكرات فهي جائزة لان الاجتماع ليس بمحرم بنفسه لاسيما اذا كان لتحصيل طاعة كالتلاوة ونحوها ولا يقدح فى ذلك كون تلك التلاوة مجعولة للميت فقد ورد جنس التلاوة من الجماعة المجتمعين كما فى حديث اقرؤوا يس على موتاكم وهو حديث صحيح ولافرق بين تلاوة يس من الجماعة الحاضرين عند الميت او على قبره وبين تلاوة جميع القران اوبعضه لميت فى مسجده اوبيته - الى ان قال- فقد كان الصحابة الراشيدون يجتمعون فى بيوتهم وفى مساجدهم وبينهم نبيهم صلى الله عليه وسلم ويتناشدون الاشعارويتذاكرون الاخبار ويأكلون ويشربون.فمن زعم ان الاجتماع الخالى عن الحرام بدعة فقد أخطأ فان البدعة التى تبتدع فى الدين وليس هذا من ذلك
Artinya :
Kebiasaan yang berlaku di sebagian daerah yaitu berkumpul di masjid  untuk membacakan al-qur’an kepada orang2 yang telah meninggal, begitu juga di rumah2 dan perkumpulan2 yang lain yang tidak terlaku pada syari’at, tidak diragukan lagi apabila tidak ada maksiat serta tidak ada kemungkaran maka hukumnya boleh2 aja, karena hukum berkumpul itu sendiri tidak haram, apalagi berkumpulnya untuk mengharap pahala seperti membaca alqu’an dll. Dan juga tidak terlarang apabila bacaan itu diperuntukkan orang yang sudah meninggal karena terdapat hadits “Bacakanlah surat yaasin untuk orang2 yang meninggal diantara kalian” dan ini adalah hadits Shohih. Dan tidak ada perbedaan baik para jama’ah yang hadir membacakan yaasin didekat mayit atau bearada di kuburannya ataupun membacakan seluruh bacaan al-qur’an atau sebagiannya dimasjid atau dirumah. – dan para sahabat nabi yang diberi petunjuk dulu juga berkumpul dirumah2 mereka dan di masjid sedang diantara mereka hadirlah rasulullah SAW dan menyenandungkan syi’ir2 serta menuturkan khabar2 dan mereka makan2 serta minum2 bersama. Maka barang siapa yang beranggapan bahwa perkumpulan yang jauh dari perbuatan haram itu merupakan Bid’ah maka dia sunnguh keliru, karena yang dinamakan bid’ah itu apabila membuat hal baru dalam agama, sedangkan masalah ini tidak termasuk.

Anjuran membacakan yasin untuk orang mati
           فيض القدير - (ج 2 / ص 86)
(اقرأوا على موتاكم) أي من شارفه الموت منكم ، إذ الميت لا يقرأ عليه (يس) ليسمعها فيجريها على قلبه لأن الإنسان حينئذ ضعيف القوى والأعضاء ساقط المنعة والقلب أقبل على الله بكليته فيقرأ عليه ما يزيده قوة ويشد تصديقه ويقوى يقينه : يس مشتملة على أحوال البعث والقيامة وأحوال الأمم وبيان خاتمتهم وإثبات القدر وإن أفعال العباد مستندة إليه تعالى وإثبات التوحيد ونفي الضد والند وإمارات الساعة وبيان الإعادة والحشر والحضور في العرصات والحساب والجزاء والمرجع والمال بعد الحساب وغير ذلك فبقراءتها يتجدد له ذكر تلك الأحوال ويتنبه على أمهات أصول الدين ويتذكر ما أشرف عليه من أحوال البرزخ والقيامة
Artinya:
Bacakanlah orang2 yang telah meninggal diantara kalian surah yaasin, karena mayit tidak bisa membaca sendiri dan supaya mendengarnya kemudian masuk dihatinya, karena manusia saat itu lemah tak berdaya karena menghadap allah secara keseluruhan, maka bacakanlah agar menambah kekuatan dan menguatkan keyakinannya…….. dst.

Mendo’akan orang yang sudah tiada
           تفسير الخازن - (ج 6 / ص 76)
قوله تعالى : { والذين جاؤوا من بعدهم } يعني من بعد المهاجرين والأنصار وهم التابعون لهم إلى يوم القيامة { يقولون ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان } أخبر أنهم يدعون لأنفسهم بالمغفرة ولإخوانهم الذين سبقوهم بالإيمان
Artinya:
……… dikabarkan bahwa para tabi’in memintakan ampunan untuk dirinya dan saudara2nya se-iman yang telah mendahuluinya.

Anjuran untuk mendo’akan orang mati
           تفسير الخازن - (ج 5 / ص 431)
{ واستغفر لذنبك وللمؤمنين والمؤمنات } ليغفر لك الله ما تقدم من ذنبك وما تأخر وليدخل المؤمنين والمؤمنات جنات « وقال ابن جريج : هو راجع إلى قوله في سورة النصر { واستغفره إنه كان تواباً } ليغفر لك الله ما تقدم من ذنبك . عن على رضي الله عنه انه عليه الصلاة الله والسلام قال من مر على المقابر وقرأ قل هو الله احد إحدى عشر مرة ثم وهب أجرها للأموات اعطي من الأجر بعدد الأموات (أخرجه ابو محمد السمرقندى والرافعى والدارقطنى حول  خصائص القرأن /45)
Artinya:
Dan mintakanlah ampunan untuk dosa2mu dan untuk orang2 yang beriman(laki2 dan perempuan) ……..,, dari sayidina ‘ali ra. Ndawuhaken(Berkata): Bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: barang siapa yang lewat kuburan dan membaca surat al-ikhlas 11x kemudian memberikan pahalanya untuk orang2 yang telah meninggal maka orang tersebut diberi pahala sebanyak hitungan orang2 yang meninggal (Diriwayatkan oleh: Abu Muhammad as-Samarqondi, Arrofi’I dan ad-Daruquthni)
           مسند أحمد - (ج 41 / ص 250)
حدثنا عارم حدثنا معتمر عن أبيه عن رجل عن أبيه عن معقل بن يسارأن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال البقرة سنام القرآن وذروته نزل مع كل آية منها ثمانون ملكا واستخرجت { لا إله إلا هو الحي القيوم } من تحت العرش فوصلت بها أو فوصلت بسورة البقرة ويس قلب القرآن لا يقرؤها رجل يريد الله تبارك وتعالى والدار الآخرة إلا غفر له واقرءوها على موتاكم
Artinya:
………. Dan yaasin itu jantung al-Qur’an seseorang yang membacanya dengan mengharapkan rahmat Allah dan Akherat maka allah tidak memberinya kecuali ampunan, dan bacakanlah kepada orang2 yg telah meninggal diantara kalian.

Bahwa do’a itu sampai kepada orang yang sudah meninggal, bahkan mereka mengharapkannya.
           فتح المعين هامش إعانة الطالبين- (ج 2 / ص220-222) طه فوترا
.ومعنى نفعه بالدعاء، حصول المدعو به له إذا استجيب، واستجابته محض فضل من الله تعالى.أما نفس الدعاء وثوابه فهو للداعي، لانه شفاعة أجرها للشافع، ومقصودها للمشفوع له.نعم، دعاء الولد يحصل ثوابه، نفسه للوالد الميت، لان عمل ولده لتسببه في وجوده من جملة عمله، كما صرح به خبر ينقطع عمل ابن آدم إلا من ثلاث ثم قال: أو ولد صالح، أي مسلم، يدعو له حمل دعاءه من عمل الوالد.أما القراءة فقد قال النووي في شرح مسلم: المشهور من مذهب الشافعي أنه لا يصل ثوابها إلى الميت. وقال بعض أصحابنا يصل ثوابها للميت بمجرد قصده بها، ولو بعدها، وعليه الائمة الثلاثة واختاره كثيرون من أئمتنا، واعتمده السبكي وغيره، فقال: والذي دل عليه الخبر بالاستنباط أن بعض القرآن إذا قصد به نفع الميت نفعه وبين ذلك، وحمل جمع عدم الوصول الذي قاله النووي على ما إذا قرأ لا بحضرة الميت ولم ينو القارئ ثوابقراءته له أو نواه ولم يدع.وقد نص الشافعي والاصحاب على ندب قراءة ما تيسر عند الميت والدعاء عقبها، أي لانه حينئذ أرجى للاجابة، ولان الميت تناله بركة القراءة: كالحي الحاضر قال ابن الصلاح: وينبغي الجزم بنفع:
اللهم أوصل ثواب ما قرأته أي مثله، فهو المراد، وإن لم يصرح به لفلان، لانه إذا نفعه الدعاء بما ليس للداعي فماله أولى.ويجري هذا في سائر الاعمال من صلاة وصوم وغيرهما
Artinya:
Arti dari sampainya do’a ialah sampainya do’a kepada seseorang ketika do’a itu dikabulkan, dan dikabulkannya Do’a itu murni fadhal dari Allah swt, sedangkan do’a itu sendiri serta pahalanya itu kembali kepada orang yang mendo’akan, karena do’a itu pertolongan yang pahalanya milik orang yang menolong, dan maksud dari do’a itu milik orang yang ditolong, Bahkan  do’anya anak itu pahalanya sampai kepada orang tua yang telah meninggal, karena amal sang anak itu disebabkan adanya amal(usaha) dari orang tua, Sebagaimana Hadits: seluruh amal anak Adam(Manusia) itu terputus, kecuali tiga perkara: Anak yang sholeh yang mendo’akannya. Sedang hukum membacakan al-qur’an, imam an-Nawawi berpendapat dalam Syarh kitab Muslim: yang masyhur dalam madzhab Syafi’I bahwa pahalanya tidak sampai kepada mayit, sedangkan menurut sebagian Ash-hab bahawa pahalanya bisa sampai kepada mayit dengan hanya diniati saja, walaupun niat itu setelah membaca dan pendapat ini senada dengan pendapat tiga imam Madzahab yang lain dan kebanyakan dari ulama2 madzhab Syafi’I, sedang Dalilnya ialah terdapat Khabar dengan istinbath: Bahwasannya sebagian al-Qur’an ketika diniati kemanfaatan mayit maka mayit itu mendapatkan kemanfaatannya………, dan Imam Syafi’I dan As-hab berpendapat disunnahkan membacakan dan mendo’akan disisinya, karena ketika itu mayit berharap untuk dikabulkan, karena mayit mendapat barokah al-Qur’an sebagaimana orang hidup yang hadir
           التبيان - (ج 1 / ص 184)
[ فصل ] فيما يقرأ عند الميت قال العلماء من أصحابنا وغيرهم يستحب أن تقرأ عنده يس لحديث معقل بن يسار رضي الله عنه أن النبي (ص): قال اقرؤوا يس على موتاكم رواه أبو داود والنسائي في عمل اليوم والليلة وابن ماجه بإسناد ضعيف وروى مجالد عن الشعبي قال كانت الأنصار إذا حضروا عند الميت قرؤوا سورة البقرة ومجالد ضعيف والله أعلم

Anjuran untuk berkumpul dan membaca al-Qur’an
          سنن ابن ماجه - (ج 1 / ص 261)
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وعلي بن محمد قالا حدثنا أبو معاوية عن الأعمش عن أبي صالح عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من نفس عن مسلم كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب يوم القيامة ومن ستر مسلما ستره الله في الدنيا والآخرة ومن يسر على معسر يسر الله عليه في الدنيا والآخرة والله في عون العبد ما كان العبد في عون أخيه ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه بينهم إلا حفتهم الملائكة ونزلت عليهم السكينة وغشيتهم الرحمة وذكرهم الله فيمن عنده ومن أبطأ به عمله لم يسرع به نسبه
Artinya:
…… Rasulullah SAW bersabda:… … Suatu kaum yang berkumpul dirumah2 allah dan membaca kitab allah serta saling bertadarus diantara mereka maka tidak lain kecuali para malaikat berkumpul kepada mereka, diturunkan ketenangan kepada mereka, di turunkan rahmat kepada mereka…. Dst.
الديباج على مسلم - (ج 6 / ص 56)
(حدثنا) محمد بن المثنى وابن بشار قالا حدثنا محمد بن جعفر حدثنا شعبة سمعت ابا اسحاق يحدث عن الاغر ابى مسلم انه قال اشهد على ابى هريرة وابى سعيد الخدرى انهما شهدا على النبي صلى الله عليه وسلم انه قال لا يقعد قوم يذكرون الله عزوجل الا حفتهم الملائكة وغشيتهم الرحمة ونزلت عليهم السكينة وذكرهم الله فيمن عنده.

(Hamim Mustofa)

Advertisement


EmoticonEmoticon