KAOS PEMBERIAN CALON BUPATI
Pada musim pemilu seperti
sekarang ini baik pemilihan bupati, kades dll. sangat membudidaya sekali membagikan
harta benda baik berupa uang , kaos dll. sementara ada hadits :
لعن الله
الراشي والمرتشي في
الحكم ( الإقناع
: 2 / 303 )
Bagaimana hukum memberi dan menerima dalam masalah
diatas, apakah termasuk dalam kategori Risywah ( suap ) yang diharamkan ?
Jawab :
Hukumnya termasuk Risywah yang diharamkan,
apabila orang yang memberi itu tidak berhak mendudukinya, sedangkan penerima
diharamkan secara mutlak.
Keterangan dari kitab :
a.
Nihayah al-Zain hal.
370
b.
Roudloh al-Tholibin Juz
11 hal. 144
وقبول الـرّشوة حرام وهي ما يبذل للقاضي ليحكم بغير الحق أو ليمتنع من
الحكم بالحق، وإعطاؤها كذلك لأنـه إعانة على معصية أمّا لو رشى ليحكم بالحق جاز الدّفع وإن كان يحرم على القاضي
الأخذ على الحكم مطلقا أي سواء أعطي من بيت المـال أو لا، ويـجوز للقاضي أخذ
الأجرة على الحكم لأنــه شغلـه عن القيام بـحقه. ( نـهاية الـزّيـن : 370 )
Menerima
suap hukumnya haram. Suap adalah sesuatu yang diberikan kepada hakim agar ia
memberikan putusan hukum yang menyalahi kebenaran atau agar ia mencegah
terjadinya putusan hukum yang benar. Dan demikian pula hukumnya memberikan suap
(yakni haram), karena hal tersebut sama halnya dengan membantu perbuatan
maksiat. Adapun jika seseorang memberikan suap dengan tujuan agar hakim
memberikan putusan hukum dengan benar, maka hukum memberikannya boleh,
sekalipun bagi hakim tetap diharamkan secara mutlak mengambil sesuatu atas
putusan hukumnya, yakni baikpun yang diberikan kepadanya diambilkan dari baitul
mal (uang negara) atau bukan. Dan hakim boleh mengambil / menerima gaji (honor)
atas suatu siding, karena hal itu merupakan imbalan atas pekerjaannya.
( فرع ) قد ذكـرنا أنّ
الرشوة حرام مطلقا والهديـّة جائزة في بعض الأحوال فيطلب الفرق بين حقيقتيهما مع
أنّ الباذل راض فيهما والفرق من وجهين، أحدهما ذكره إبن كـجّ أنّ الرشوة هي التي
يشرط على قابلـها الحكم بغير الحق أو الإمتناع عن الحكم بـحق، والهديـّة هي العطيـّة
المطلقة. والثاني قال الغزالي في الإحياء المال إمـّا يبذل لغرض آجل فهو قـربة
وصدقة وإمـّا لعاجل فهو إمّا مال فهو هبّة بشرط ثواب أو لتوقع ثواب وإمـّا عمل فإن
كان عملا مـحرّما أو واجبا متعيّنا فهو رشوة، وإن كان مباحا فإجارة أو جعالة وإمّا
للتقرّب والتودّد إلى المبذول له فإن كان بمجرّد نفسه فهديـّة وإن كان ليتوسّل بـجاهه
إلى أغراض ومقاصد فإن كان جاهه بالعلم أو النـّسب فهـو هديـّة فإن كان بالقضاء
والعمل فهـو رشوة. ( روضة الـطالبـين : 11 / 144 )
Telah
kami jelaskan bahwa tindakan suap menyuap hukumnya adalah haram secara mutlak,
sedangkan hadiah pada beberapa kondisi diperbolehkan, karenanya dituntut untuk
membedakan antara substansi hadiah dan suap, masalahnya dalam dua hal ini kedua
pemberi sama-sama rela. Adapun perbedaannya bisa dilihat dari dua sisi ;
Pertama : Disebutkan oleh Ibnu Kajjin, bahwa yang disebut suap adalah apabila
si penerimanya disyaratkan melakukan tindakan hukum yang tidak benar, sedangkan
hadiah adalah pemberian yang bersifat mutlak. Kedua : Menurut al-Ghozali dalam
kitab al-Ihya' : Harta yang diberikan, adakalanya untuk maksud Ukhrowi, yaitu
pemberian yang dimaksudkan untuk taqorrub dan sedekah. Dan adakalanya untuk
tujuan duniawi, yaitu berupa pemberian yang disyaratkan adanya imbalan atau
memprediksi adanya imbalan, baik berupa aksi ataupun perbuatan ; jika aksi atau
perbuatan tersebut merupakan perbuatan haram atau perbuatan yang sifatnya wajib
'ainy (individual), maka itu adalah ijaroh atau ju'alah. Dan adakalanya suatu
pemberian dimaksudkan untuk tujuan pendekatan atau mencari simpati dari yang
diberi, dalam hal ini jika yang dimaksud sekedar pribadi orangnya, maka itu
adalah hadiah, namun jika yang dimaksud agar menjadi sarana dengan melalui
kedududkan si penerima untuk suatu tujuan dan maksud tertentu, maka jika
kedudukannya adalah keilmuan atau keturunan, maka itu adalah hadiah, akan
tetapi jika kedudukannya berkaitan dengan hukum atau pekerjaan, maka itu adalah
suap.
1 Comments:
hhmmmm
EmoticonEmoticon