-->

SIAPAKAH SEBENARNYA GOLONGAN WAHABI ITU?



Mereka adalah golongan yang dinisbatkan kepada syekh Muhammad bin Abdil Wahhab yang telah mempelajari karya-karya syekh ibnu taimiyah, menurut keterangan yang disampaikan oleh syekh ibnu as-Subki bahwa syekh Muhammad bin Abdil Wahhab itu sesat menyesatkan, madzhab fiqh nya banyak yang menyalahi ijma’ul-ulama sebagaimana keterangan dari syekh ibnu hajar dalam kitab al-fatawi al-haditsiyah.


Aqidah yang ditawarkan oleh golongan wahabi ialah, bahwasannya allah itu jisim yang mempunyai tangan, kaki dan jari-jari. Allah bertempat di ‘arsy, terkadang turun ke langit dunia, dan allah bisa memberi isyarat dengan jari-jarinya dll sebagaimana yang telah dijelaskan dalam kitab al-masail fi al-ihdzar ala al-wahabiyah.
Kesembronoan golongan ini ialah dalam hal fiqh mengaku taqlid kepada madzhab hanbali, akan tetapi pada hakekatnya mereka mengingkari taqlid, syekh Muhammad bin Abdil Wahhab berkata: ketika terdapat nash yang jelas dari kitab atau sunnah yang tidak mansukh dan tidak makhsush serta tidak bertentangan dengan dalil yang lebih kuat dan juga tidak ada satupun dari imam empat madzhab  yang menjelaskannya maka kami mengambil nash itu dan meninggalkan madzhab. Karena itu banyak dari madzhab-madzhabnya yang mengingkari ijma’ dan keterangan yang telah disepakati oleh imam empat madzhab, seperti: golongan wahabi ini mengkafirkan orang yang ber tabarruk di makam nabi, mengkafirkan orang yang memakai jimat, mengkafirkan orang-orang yang ber istighotsah kepada para nabi para wali, adzan untuk mayit itu kufur dan musyrik dll sebagaimana yang telah dijelaskan dalam kitab al-masail fi al-ihdzar ala al-wahabiyah.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh al-iraqiy dalam kitab al-fajr as-shodiq halamn 3: wahabi adalah golongan yang dinisbatkan kepada muhammad bin abdil wahab, dalam kitab al-bayan 147 juga disebutkan bahwa orang yang melahirkan wahabi ialah muhammad bin abdil wahab yamg telah mempelajari karya-karya ibni taimiyah dan karya itu telah menjerumuskan pikirannya yang kemudian melahirkannya menjadi sebuah tindakan , imam as-Subki berkata: orang-orang sekarang(maksudnya ibni Taimiyah) telah berbuat bid’ah, kemudian syekh al-iz ibn jama’ah berkata bahwa ibni taimiyah itu sesat menyesatkan.

Ciri-ciri wahabi di indonesia adalah, biasanya mereka suka pake celana di atas lutut, dan agak berjenggot tapi jarang memakai kopyah. Sebagian mereka ada yang menamakan dirinya kelompok salafi, assunah, anti bid’ah dll. Bahkan ada yang anti gelar/nama kelompok, pokok pada intinya mereka semua menolak tahlilan, kenduri dll, mereka mengaku paling sunnah paling anti bid’ah, tapi kenyataannya malah paling banyak mengingkari sunnah.
Wallahu a’lam

Referensi: kitab ahl as-sunnah wa khoshoishihim wa ahl al-bid’ah hal. 33-34

Advertisement


EmoticonEmoticon