TREND GAYA RAMBUT REBONDING, PUNK, DAN RASTA DALAM ISLAM
Advertisement
Naluri
alami dalam diri setiap manusia untuk
selalu terlihat menarik di hadapan orang lain. Mungkin inilah latar belakang
berkembangnya berbagai macam bentuk perawatan kecantikan kulit dan rambut.
Salah satu yang sedang marak adalah trend gaya
rambut. Mulai rambut punk rasta (gimbal)
semir merah kuning dan rebounding mulai disukai kaum remaja. Ada yang sekedar ingin tampil gaul n funky ada
yang bertujuan menjaga penampilan dan
bahkan ada yang merebonding dengan maksud agar rambut lurus dan mudah untuk
menggunakan jilbab dll.
Informasi
; Rebonding adalah salah satu cara meluruskan rambut melalui proses kimiawi
agar rambut jatuh lebih lurus dan lebih indah. Dalam sebagian praktek helai rambut yang terkena perlakuan rebonding
akan terlihat lurus secara permanen dan
tidak bisa pulih seperti sedia kala. Karena sebenarnya bagian rambut tersebut
telah rusak. Rambut yang pulih seperti aslinya adalah rambut baru yang muncul
menggantikan yang telah rusak. Metode rebonding cenderung variatif. Ada yang dengan mengubah
struktur ikatan protein rambut melalui memutuskan ikatan asam amino cystine
yang menyebabkan rambut bergelombang atau mengurangi ikal dan volume saja. Daya
tahannya pun bervariasi mulai 2 minggu hingga 10 bulan.
Pertanyaan
Bagaimana
hukum melakukan rebonding pengeritingan
rambut punk dan rasta?
Jawaban
Menurut Imam
at-Thabary hukum haram mutlak namun sebagian ulama ada yang memperbolehkan
REFERENSI
|
|
1.
Fath
al-Bari li Ibn Hajar vol. X hal. 377
|
2.
Hasyiyah
al-‘Adawi vol. II hal. 459
|
1.
فتح
الباري لابن حجر الجزء العاشر صحـ 377
قال الطبري : لا
يجوز للمرأة تغيير شيء من خلقتها التي خلقها الله عليها بزيادة أو نقص التماس
الحسن لا للزوج ولا لغيره كمن تكون مقرونة الحاجبين فتزيل ما بينهما توهم
البلج أو عكسه ، ومن تكون لها سن زائدة فتقلعها أو طويلة فتقطع منها أو لحية أو
شارب أو عنفقة فتزيلها بالنتف ، ومن يكون شعرها قصيرا أو حقيرا فتطوله أو تغزره
بشعر غيرها ، فكل ذلك داخل في النهي . وهو من تغيير خلق الله تعالى . قال :
ويستثنى من ذلك ما يحصل به الضرر والأذية كمن يكون لها سن زائدة أو طويلة تعيقها
في الأكل أو إصبع زائدة تؤذيها أو تؤلمها فيجوز ذلك ، والرجل في هذا الأخير
كالمرأة ، وقال النووي : يستثنى من النماص ما إذا نبت للمرأة لحية أو شارب أو
عنفقة فلا يحرم عليها إزالتها بل يستحب . قلت : وإطلاقه مقيد بإذن الزوج وعلمه ،
وإلا فمتى خلا عن ذلك منع للتدليس . وقال بعض الحنابلة : إن كان النمص أشهر شعارا
للفواجر امتنع وإلا فيكون تنزيها ، وفي رواية يجوز بإذن الزوج إلا إن وقع به تدليس
فيحرم ، قالوا ويجوز الحف والتحمير والنقش والتطريف إذا كان بإذن الزوج لأنه من
الزينة
2.
حاشية
العدوي الجزء الثانى صـ 459
(وينهى) بمعنى ونهي (النساء) نهي تحريم (عن وصل
الشعر وعن الوشم) لقوله عليه الصلاة والسلام "لعن الله الواصلة والمستوصلة
والواشمة والمستوشمة والمتنمصات والمتفلجات للحسن المغيرات خلق الله"
(قوله المغيرات) بكسر التحتية المشددة والغين
المعجمة صفة لازمة لمن فعل الأشياء المذكورة وهو كالتعليل لوجوب اللعن المستدل به
على الحرمة إلا أن الشهاب القرافي قال لم أر للفقهاء الشافعية والمالكية وغيرهم
في تعليل هذا الحديث إلا أنه تدليس على الزوج لتكثير الصداق ويشكل ذلك إذا
كانوا عالمين به وبالوشم فإنه ليس فيه تدليس وما في الحديث من تغيير خلق الله
لم أفهم معناه فإن التغيير للجمال غير منكر في الشرع كالختان وقص الظفر والشعر
وصبغ الحناء وصبغ الشعر وغير ذلك .
EmoticonEmoticon