-->

5 Fakta Unik Sisi Lain Gus Dur

FAKTA GUS DUR
Gus Dur atau yang bernama lengkap KH. Abdurrahman Wahid merupakan salah satu tokoh cendekiawan Muslim yang juga pendiri PKB, Kutua Umum PBNU dan mantan Presiden RI. Beliau ini sangat dikenal, baik di dalam maupun di luar negeri. Namun rasanya tidak cukup jika hanya mengetahui fakta-fakta beliau, karena ada banyak fakta menarik lain tentang beliau yang mungkin belum sobat ketahui. Berikut ini 5 fakta unik tentang Gus Dur, diantaranya:
 
1. Hobi Nonton Film Film Eropa dan Amerika
Siapa sangka tokoh cendekiawan Muslim yang juga pendiri PKB ini ternyata suka menonton film film Eropa dan Amerika. Kegemaran ini mulai timbul saat beliau sedang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar, Mesir.

2. Gemar Menonton Pertandingan Sepak Bola            
Ketika masih mengenyam pendidikan di Universitas Al Azhar, Gus Dur ternyata tak hanya gemar menonton film film Eropa dan Amerika, tetapi juga hobi menonton pertandingan sepak bola.

3. Lulusan Universitas di Mesir dan Irak
Gus Dur merupakan lulusan Universitas Al Azhar, Mesir dan Universitas Baghdad. Sebelumnya beliau menempuh pendidikan di pesantren Krapyak, Yogyakarta kemudian pindah ke pesantren Tegalrejo di Magelang. Di pesantren ini beliau berhasil menyelesaikan masa studinya dalam 2 tahun dan dinobatkan menjadi murid berbakat.
Setelah menyelesaikan studinya di pesantren Tegalrejo, Magelang, beliau kemudian pindah ke pesantren Tambakberas di Jombang hingga akhirnya dipercaya mengajar di pesantren tersebut.

4. Seorang Penulis yang Berbakat
Sebelum dikenal sebagai tokoh agama dan menjabat Presiden RI yang ke-4, Gus Dur ternyata pernah aktif menulis di beberapa media seperti Horizon, Majalah Budaya Jaya dan sebelumnya juga menulis untuk majalah Asosiasi Pelajar Indonesia di Mesir.

5. Tokoh dengan Segudang Penghargaan
Selama hidup, Gus Dur banyak memperoleh penghargaan. Salah satunya penghargaan atas perhatian beliau yang cukup besar terhadap etnis Tionghoa. Beliau juga meraih penghargaan dari Universitas Temple, mendapat Tasrif Award-AJI atas kebebasan pers yang diperjuangkannya dan Lifetime Achievement Award yang diberikan dalam Liputan 6 Awards tahun 2010 dan masih banyak penghargaan lainnya. Penghargaan penghargaan tersebut semakin menunjukkan kemampuan dan keahlian seorang K. H. Abdurrahman Wahid. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Berbagai Sumber

Advertisement


EmoticonEmoticon