-->

ISTILAH ISTILAH KHUSUS DALAM FIQH MADZHAB SYAFI'I DAN SINGKATAN NAMA-NAMA ULAMA'

Imam Syafi’i menggunakan lafadz (الفرض) di dalam makna lafadz (wajib yang harus di kerjakan) tidak ada perbedaan diantara keduanya. Sebagaimana Imam Syafi’i juga menggunakan (الكرهة) tidak disukai untuk mengerjakannya. Sebagaiman di riwayatkan bahwasanya Rasulullah besabda:”bumi adalah masjid (tempat sujud) kecuali kuburan dan kamar mandi”, Imam Syafii memberikan sebab karena kuburan dan kamar mandi tidak suci.
            Sebagaimana juga Imam Syafi’i juga menggunakan lafadz (أحب) yaitu disukai mengerjakan dan tidak mengerjakannya karena tidak fardhu’ (wajib). Seperti diriwayatkan dari Arrabi’ “ saya bertanya kepada Imam Syafi’i : apakah kamu membaca Al-fatihah secara sir (pelan) pada raka’at terakhir, maka Imam Syafi’I berkata saya lebih senang seperti itu karena hal itu tidak  diwajibkan.
            Dan begitu juga makna (أكره) terkadang Imam Syafi’I menggunakan (لم أحب) , dan juga menggunakan istilah (لا بأس) dengan makna memperbolehkan dengan tidak كراهة dan استحباب  , sebagaimana juga iama Syafi’I menggunakan kalimat (جائز ) dengan makna trersendiri, yaitu boleh tidak makruh dan juga mustahab. Dan juga menggunakan istilah (لاخير فيه) dalam makna haram.
Dalil-dalil Fiqhiyah dalam Madzhab Syafi’i
            Ada empat dasar fiqhiyah yang dijadikan sandaran oleh Imam Syafi’I :
1.      Al-qur’an
2.      Sunna nabawiyah
3.      Ijma’
4.      Qiyas
Madzhab ini (Syafi’i) banyak menyebar di Hijaz, Iraq, Mesir, Syam dan yang lainnya.

Istilah-istilah Dengan Tanda-tanda
            Ada beberapa istilah dalam madzhab Fuqoha’ yaitu :
1.      (الإمام) yang dimaksud disini adalah Imam Haromain Al-Juwainy, Abdul Malik bin Abdullah bin Yusuf, wafat pada tahun 478 H
2.      (القاضي) yaitu Husain Abu Ali Muhamad bin Ahmad Al-Maruzy, wafat pada tahun 462 H.
3.      (القاضيان) yang dimaksud disini ada dua orang yaitu :
a.       Ali bin Muhammad bin Habib Al-mawardy, wafat pada tahun 450 H
b.      Abdul Wahid bin Ismail bin Ahmad Ar-Ruyani, wafat pada tahun 501 H
4.      (الشيخان) yaitu :
a.       Abdul Karim Muhammad bin Abdul Karim Ar-rofi’, Abu Qosim Al-quzuwainy, wafat pada tahun 634 H
b.      Yahya bin Syarf Abu Zakaria An-Nawawy, wafat pada tahun 677 H
5.      (الشيوخ) yaitu An-nawawy, Ar-rifi’I, dan Taqiyuddin.
6.      (الشارح) jika yang disebutkan (الشارح المحقق) maka dia adalah Jalaluddin Al-Mahaly Muhamad bin Ahmad bin Ibrahim, wafat apada tahun 864 H. akan tetapi di dalam  (شرح الإرشاد) [1] jika disebutkan (الشارح) maka yang dimaksud adalah Muhammad bin Abdul Mun’im Al-Qohiry Syamsuddin, wafat apda tahun 889 H
7.      (شارح) jika istilah ini disebutkan maka yang dimaksud hannya satu orang yaitu (الشهبة) ?
8.      (شيخنا, أو الشيخ, أو شيخ الإسلام) maka yang dimaksud adalah Zakaria bin Muhammad bin Ahmad Al-Anshory wafat pada tahun 926 H
9.      (شيخي) jika Khotib As-syarbini mengucapkan istilah ini maka yang dimaksud disini adalah Asy-syihab  Ahmad bin Ahmad Ar-Romly, wafat pada tahun 971 H
10.  Jika Syaikh Asy-Syirozi menyebutkan Abu Abbas dalam kitab (المهذب) maka yang dimaksud disini adalah Ahmad bin Syuroij, wafat pada tahun 306 H
11.  Jika dalam kitab (المهذب) Abu Ishaq maka dia adalah Al-Muruzy Ibrohim bin Ahmad muridnya Ibnu Syuroj, wafat pada tahun 340 H
12.  Jika dalam kitab (المهذب) Abu Sa’id maka dia adalah Al-Ishthohkry Abu Sa’id Al-Hasan bin Ahmad, dia dan Ibnu Syuroj adalah Syaikhnya Syafi’I, wafat pada tahun 328 H
13.  (ابو حامد) ada dua orang yang dimaksud di dalam kitab (المهذب) yaitu :
a.       Al-qhodhy Abu Hamid Al-Muruzy Ahmad bin Basyr bin ‘Amir, wafat pada tahun 362 H
b.      Syaikh  Abu Hamid Al-isfiroyainy  Ahmad bin Muhammad, wafat pada tahun 406 H
14.  (أبو القاسم) di dalam buku (المهذب) ada empat orang yang di maksud yaitu Al-Anmathy, Ad-Daraky, Ibnu Kaaj, As-Shoymiry.
15.  (أبو الطيب) dalam kitab (المهذب) ada dua orang dari Fuqoha’ Syafi’iyyah yaitu : Ibnu Salamah, dan Al-qhodhy Abu Thoyyib.
16.  Jika di sebutkan dalam kitab (المهذب) kata –الربيع- maka dia adalah Ar-Robi’ bin Sulaiman.
17.  Imam Nawawy berkata
18.  (المحمدون الأربعة) mereka adalah
a.       Muhammad bin Nashr Abu Abdullah Al-Muruzy wafat pada tahun 294 H
b.      Muhammad bin ibrohim bin Mundzir, wafat pada tahun 310 H
c.       Muhammad bin Jarir At-Thobary wafat pada tahun 310 H
d.      Muhammad bin ishaq bin Khuzaimah, wafat pada tahun 311 H
19.  (الأصحاب) yaitu mereka orang-orang terdahulu yang sezaman yang merka berjumlah 400 orang karena mereka berada pada kurun Khoiriyah (terbaik)
20.  (المتأخرون) merka yang hidup setelah abad ke empat, dikatakan juga mereka yang hidup setelah periode dua syaikh yaitu An-nawawy dan Ar-rafi’i.

Rumus-rumus Catatan Kecil
            Para madzhab Syafi’i dan yang lainnya menggunakan rumus-rumus tertentu, diantara rumus-rumusnya sebagai berikut :
1.      (مر) maksud disini adalah Syaikh Muhammad bin Ahmad bin Hamzah Ar-romly pengarang (نهاية المحتاج), wafat pada tahun 1004 H
2.      (الشهاب م – ر) yang dimaksud adalah Syaikh Ahmad bin Hamzah Ar-Romly muridnya syaikh Zakaria Al-Anshory dan anak dari Muhammad Ar-Romly As-sabiq wafat pada tahun 971 H
3.      (خ – ط)
Kode ini menunjukkan kepada Syaikh Muhammad bin Ahmad As-syarbini yang dikenal dengan Al-Khotib Asy-Syarbini pengarang buku – مغني المحتاج- wafat pada tahun 977 H
4.      (حج)
Yang dimaksud disini adalah Al-Allamah Asy-Syihab Ahmad bin Muhammad bin Hajar Al-haitamy, pengarang bukun – تخفة المحتاج- wafat pada tahun 974 H
5.      (زي)
Yang dimaksud disini adalah Syaikh Ali bin Yahya Az-Ziyad , wafat pada tahun 1024 H
6.      (سم)
Yaitu Syaikh Al-Allamah Ahmad bin Qosim Al-Ibady , wafat pada tahun 994 H
7.      (طب)
Yaitu syaikh Muhammad Manshur Ath-Thiblawy wafat dan lahirnya di Qohiroh, wafatnya pada tahun 1014 H
8.      (ح – ل)
Yaitu Syaikh Ali bin Ibrohim Al-Halby pengarang – السيرة الحلية- wafat pada tahun 1044 H
9.      (س – ل)
Yaitu Syaikh Sulthon bin Ahmad Al-Mazahy wafat pada tahun 1075 H
10.  (ع – ش)
Yaitu Syaikh Ali bin Asy-Syaromilsy wafat pada tahun 1087 H
11.  (ب – ر)
Yang dimaksud disini adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Dayim Al-Barmawy, wafat pada tahun 831 H
12.  (ع – ن)
Yaitu bSyaikh Muhammad bin Daud Al-Ghonany, wafat pada tahun 1098 H
13.  (أ – ط)
Yaitu Syaikh Al-athfihy.
14.  (ج)
Yaitu Syaikh Alwi bin Saqof Al-jafri, wafat pada tahun 1335 H
15.  (ي)
Yang dimaksud adalah Syaikh Abdullah bin Umar bin Yahya.
16.  (ك)
Yaitu Syaikh Myuhammad bin Sulaiman Al-kardy, wafat pada tahun 1194 H
17.  (ح – ض)
Yaitu Syaikh Hadr Asy-syaubiry.
18.  (م – د)
Syaikh Muhammad Al-madabaghi,
19.  (أ – ج)
Yang dimaksud adalah Syaikh Athiyah bin Athiyah Al-Ajhury, wafat pada tahun 1190 H
20.  (ح – ف) atau (حف)
Yaitu Syaikh Muhammad bin Salim bin Ahmad Al-hafnawy atau Al-hafany Syamsuddin, wafat pada tahun 1181 H
21.  (ب – ج)
Syaikh Sulaiman bin Muhammad Al-bajirmy , wafat pada tahun 221 H
22.  (با – ج)
Syaikh Ibrohim bin Muhammad Al-bajury Sytaikh Al-azhar, wafat pada tahun 1277 H
23.  (ش – ق)
Syaikh Abdullah bin Hajazy Asy-sayrowy wafat pada tahun 1228 H
24.  (حميد) atau (عبد)
yaitu Abdul Hamid bin Ad-daghostany.
25.  (ق – ل)
Yaitu Syaikh Ahmad bin Isa Al-qilyuby, weafat pada tahun 689 H
26.  (ش)
Yang dimaksud adalah Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Al-asykhor Al-yamany yang wafat pada tahun 989 H
27.  (ب)
Yaitu Abdullah bin Husain dari peninggalan beliau adalah – شرح الجرومية- wafat pada tahun wafat pada abad ke 11.

Para Fuqoha’ dan Kitab-kitab Mereka Yang Masyhur
1.      (صاحب جمع الجوامع)
Dia adalah Abu Sahal Ahmad bin Muhammad Ad-Daury, dikenal dengan Ibnu ‘Afrois, buku dia adalah yang disebutkan diatas, dia mengumpulkan semua buku-buku syafi’I, dan Rafi’I menukil darinya bahwa beliau mendudukan bab Thoharoh sebagai bab pertama, wafat pada tahun 363 H
2.      (صاحب التقريب)
Dia adalah Al-Qosim bin Al-Qoffal Al-Kabir Asy-Syasyi, dia mengarang kitab (التقريت) syarah dari kitab yang mendekati dengan kitab karangan Ar-rofi’I, wafat pada tahun 405 H
3.      (صاحب المستدرك علي الصحيحين)
Dia adalah Abu Abdillah Muhammad bin Abdillah An-Nisabury yang dikenal dengan AL-Hakim, wafat pada tahun 405 H
4.      (صاحب التممة)
Dia adalah Abu Sa’id Abdurrahman bin Ma’mun Al-Mutawaly An-Nisabury, karyanya Adalah (التممة) ringkasan dari (الإبانة) oleh karena itu disebut dengan (تتمة الإبانة), wafat pada tahun 476 H
5.      (صاحب البحر)
Dia adalah Qodi  Al-qodho Abdul Wahid bin Ismail Ar-Ruyani, karangannya adalah (بحر المذهب) dan juga (حلية المؤمن), wafat pada tahun 502 H
6.      (صاحب الحلية)
Dia adalah Abu Bakar Muhammad bin Ahmad Asy-syasyi yang diberi gelar dengan Fakhrul islam, karangannya adalah (حلية العلماء في معرفة مذاهب الفقهاء), wafat pada tahun 505 H
7.      (صاحب الذخائر)
Dia adalah Al-qodi Baha’uddin Abul ma’aly Al-Majally bin Najaa Al-MakhzumiAl-usyuthi, karyanya (الذخائر في فقه الشافعي), beliau wafat pada tahun 549 H
8.      (صاحب البيان)
Dia adalah abu Husain yahya bin Abi husain Al-yamany, dia adalah syaikh Syafi’iyah yang berada di Yaman pengarang kitab (البيان), wafat pada tahun 558 H
9.       (صاحب التعجيز)
Dia adalah Taajuddin Abdurrohim bin Abdul Malik bin Imad bin Yunus , dia adalah imam ushul fiqh, karangannya adalah (التعجيز) ringkasan dari ktab (الوجيز في فروع الشافعية) , wafat pada tahun 669 H
10.  (صاحب التوسيح)
Dia adalah Taajuddin Abu Nashr Abdul Wahab bin Ali As-sabky, ktab karangannya adalah (توسيح التصحيح) dalam masalah ushul fiqh, beliau wafat pada tahun 771 H
11.  (صاحب العجالة)
Dia adalah Syaikh Sirojuddin Abul Hasan bin Al-Mulaqqon Al-mishry Umar bin Ali bin Ahmad, kitab karangannya adalah (عجالة المحتاج علي المنهاج), wafat pada tahun 804 H
12.  (صاحب الإرشاد)
Dia adalah Syaikh syarfuddin Mahmud bin Al-husain Al-Mishry, karyanya adalah (إرشاد المحتاج في شرح المنهاج), wafat pada tahun 976.


[1] Al-Fawa’id Al-Makkiyah, Hal 41

Sumber : http://kajianummat.blogspot.com/2012/04/istilah-istilah-khusus-dalam-fiqh.html

Advertisement


EmoticonEmoticon