-->

HUKUM TA'MIR MENGGUNAKAN KAS MASJID


ta'mir masjid

Untuk mengelola masjid agar bisa lebih makmur perlu dibentuk ta'mir dan mencari sumber dana untuk kas masjid.
Pertanyaan:
Bolehkah menggunakan kas masjid untuk membeli seragam ta'mir dan segala biaya operasional masjid?

Jawab :
Bila para penyumbang dana tersebut memaksudkan sumbangannya untuk membangun masjid,maka hanya boleh di tasyarufkan untuk hal-hal yang berhubungan dengan pembangunan. dan bila berupa barang yang diwakafkan untuk masjid atau untuk kemaslahatan masjid, maka hasil (roi')nya juga di perbolehkan untuk pembangunan,membayar tukang bangunan,membeli kopi,rokok dan semua biaya operasional.
Keterangan dari kitab:
Bughyatul musytarsyidin hal 65-66
فما يجمعه الناس ويبذلــونه لعمارتها بنحو نذر او هبة وصدقة مقبوضين بيد
الناظر او وكيله كالساعى فى العمارة بإذن الناظر يملكه المسجد ويتولى الناظر العمارة بالهدم والبناء وشراء الالة والإستئجار الخ
Maka sesuatu yang dikumpulkan masyarakat baik berupa nadzar,hibah, sedekah yang mana diserahkan kepada Nadzir masjid atau wakil-wakilnya untuk pembangunan masjid, maka barang-barang tersebut menjadi milik masjid.dan bagi nadzir boleh menggunakannya untuk membongkar, merenofasi,me
mbeli alat-alat dan ongkos sewa (semua yang berhubungan dengan pembangunan).
(مسئلة ب)يجوز للقيم شراء عبد للمسجد ينتفع به لنحو نزح إن تعينت المصلحة فى ذلك إذ المدار كله من سائر الأولياء عليها ...ويجوز بل يندب للقيم أن يفعل ما يعتاد فى المسجد من قهوة ودخون ونحوهما مما يرغب نحوالمصلين وإن لم يعتدقبل إذازاد على عمارته.
Boleh bagi orang yang membangun masjid(panitia pembangunan) membeli budak untuk ditugasi menguras bila memang dibutuhkan dan maslahatnya demikian.karena tugas wali atau pengelola adalah membudidayakan kemaslaha-
tan.dan boleh bagi panitia pembangunan untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku seperti (membeli) kopi,merokok dan sesamanya yakni sesuatu yang menarik simpati orang supaya rajin sholat walaupun sebelumnya belum pernah menjadi kebiasaan.

(مسئلة ك)قال الخطيب فى المغنى ويصرف الموقوف على المسجد وقفا مطلقا على عمارته فى البناء والتجصيص المحكم والسلم والسوارى للتظليل بها والمكانس والمساحى لينقل بها التراب...وفى اجرة قيم لا مؤذن وامام وحصر ودهن,لأن القيم يحفظ العمارة بخلاف الباقى,فإن كان الوقف لمصالح المسجد صرف من ريعه لمن ذكر لا لتزويقه ونقشه بل لو وقف عليها لم يصح اهـ واعتمد فىالنهاية أنه يصرف للمؤذن وما بعده فى الوقف المطلق ايضا ويلحق بالمؤذن الحصر والدهن.
Syaikh Khotib dalam kitabnya Al Mughni berkata:barang yang diwakafkan kepada masjid dengan wakaf mutlak untuk membangun masjid,maka harus digunakan untuk membangun,melepa,membuat tangga,membuat pagar untuk berteduh,membuat (membeli) sapu,sekop untuk memindah debu…membayar panitia pembangunan,dan tidak boleh untuk membayar muadzin,imam,membeli tikar,minyak(membayar listrik) karena panitia pembangunan adalah orang yang mengurus pembangunan masjid.dan bila wakaf tersebut untuk kemaslahatan masjid,maka boleh digunakan untuk hal-hal yang telah disebutkan,bukan untuk menghias atau mengukirbahkan kalau diwakafkan untuk itu (menghias atau mengukir)maka wakafnya tidak sah.Imam Ar Romli dalam kitab An Nihayah berkata:Sesuatu yang diwakafkan secara mutlak boleh di gunakan untuk mengupah muadzin,imam,membeli tikar dan minyak.

Advertisement


EmoticonEmoticon