-->

QADHA PUASA RAMADHAN BERTEPATAN DENGAN PUASA SUNNAH DAN TANGGAL JATUHNYA LAILATUL QADAR



1. Seseorang yang mengqodlo' puasa Romadlon atau puasa nadzar bertepatan dengan hari yang disunahkan berpuasa seperti hari senin,apakah orang tersebut bisa mendapatkan pahala puasa qodlo' atau nadzar beserta puasa sunat?

Jawab:
Bisa bila diniati keduanya.
Keterangan dari kitab I'anatuttholibin juz 2 hal 271
وعبارته :قال شيخنا كشيخه والذى يتجه أن القصد وجود الصوم فيها فهي كالتحية .فإن نوى التطوع ايضا حصلا وإلا سقط عنه الطلب (قوله فإن نوى التطوع ايضا)اى  كما انه نوى الفرض (قوله حصلا) اى التطوع والفرض اى ثوابهما.
Redaksinya:Syaikhuna berkata sebagaimana gurunya;dan yang mengikuti qoul yang shoheh bahwa menyengaja adanya puasa didalamnya adalah sama seperti sholat tahiyyatul masjid. dengan demikian ketika dalam qodlo' puasa Romadlon atau puasa nadzar juga diniati puasa sunat,maka akan berhasillah pahala keduanya, dan bila tidak diniati maka hanya gugurlah tuntutan syara'(tentang perintah melakukan kesunatan)tanpa mendapatkan pahala puasa sunat. 



2. Bagi orang yang berpuasa Romadlon ,namun memiliki tanggungan qodlo' puasa romadlon tahun sebelumnya apakah wajib menjelaskan tentang niat ada'? 

Jawab:
Wajib menjelaskan niat ada' atau dengan menentukan tahunnya,karena untuk membedakan antara puasa ada' dan qodlo'.

Keterangan dari  kitab Fathul Mu'in hal 55
 وبحث الأذرعى انه لو كان عليه مثل الأداء كـقضاء رمضان قبله لزمه التعرض للأداء أو تعيين السنة.

pembahasan Imam Adzro'I tentang masalah niat ini adalah: Bila seseorang yang berpuasa romadlon memiliki tanggungan mengqodlo'I puasa romadlon sebelumnya, maka dalam niatnya wajib menjelaskan tentang  ada' atau menentukan tahunnya.


3. Adakah keterangan dalam kitab - kitab fiqih ten-
tang perkiraan turunnya lailatul qodar? 

Jawab:
Ada.
Keterangan dari  kitab Bughyatul Musytarsyidin hal 113

  يا سائلى عن ليلة القدر التى  *  فى عشر رمضان الأخير حلت
فإنها فى مفردات العشر  *  تعرف من يوم ابتداء الشهر
فبالأحدوالأربعا فالتاسعة *  وجمعة مع الثلاثا السابعة
وإن بدا الخميس فهي الخامسة * وإن بدا بالسبت فهي الثالثة
 وإن بداالإ ثنين فهي الحادى * هذا عن الصوفية الزهّاد
وظاهر كلام الباجورى على هذاالقول أنها تكون ليلة الجمعة الكائنة فى أوتار الشهر بعدالنصف.

Hai orang yang bertanya tentang lailatul qodar didalam sepuluh hari terakhir bulan romadlon,hal tersebut bisa dilihat dari hari tanggal satunya:
-Bila tanggal satu romadlon hari Ahad atau Rabu,maka lailatul qodar jatuh pada hari yang kesembilan (tanggal 29 romadlon).
-Bila tanggal satu romadlon hari Jum'at atau Selasa, maka lailatul qodar jatuh pada hari yang ketuju (tanggal 27 romadlon).
-Bila tanggal satu romadlon hari Kamis, maka lailatul qodar jatuh pada hari yang kelima (tanggal 25 romadlon).
-Bila tanggal satu romadlon hari Sabtu, maka lailatul qodar jatuh pada hari yang ketiga (tanggal 23 romadlon).
-Bila tanggal satu romadlon hari Senin, maka lailatul qodar jatuh pada hari yang kesatu (tanggal 21 romadlon).ini adalah keterangan dari ulama sufi.



Sedangkan menurut Syekh Ibrohim Al bajuri,bahwa jatuhnya lailautl qodar adalah pada malam jum'at ganjil setelah lewat separo bulan romadlon.(Insya Alloh)


Advertisement


EmoticonEmoticon