PEMBAGIAN DAN PENGERTIAN BADI’ JINAS
I. DEVINISI JINAS
تشابه
اللّفظين في التّلفظ
Yaitu : Keserupaan dua lafadz dalam pengucapannya
Seperti contoh :
أمين
الدّين الباقي أمين في عمله (aminudin baki seorang yang amanah dalam kerjanya)
خلق موسى شعره
بموس (Musa mencukur rambutnya dengan mesin pencukur)
Dari devinisi ini
maka mengecualikan lafadz yang Mutarodif ( dua lafadzyang berbeda tetapi
meiliki satu makna, seperti lafadz Asadun dan sabu’un yang bermkana
hewan buas, macan).
II. PEMBAGIAN BADI’ JINAS
Secara Umum Badi’ Jinas terbagi menjadi dua, yaitu ;
1. Badi’ Jinas Tam
2. Bdi’ Jinas Ghoiru Tam
(Muhammad Ghufran.Balaghah: Ilmu Badi’. Ponorogo:Darussalam
Press.hlm. 23-25)
BADI’ JINAS TAM
أن
يتّفقا في أنواع الحروف وأعدادها وهيئتها وترتيبها
Aapabila terdapat dua lafadz yang cocok di dalam empat hal. Yaitu :
1. Jenis Huruf (Mulai dari Huruf Alif sampai dengan Ya’)
2. Hitungannya
3. Keadaannya ( Harokat dan sukunnya huruf)
4. urutannya
Pembagian Badi’ Jinas Tam
1. Badi’ Jinas Mutamatsil
Apabila lafadz yang cocok di dalam empat hal tersebut, itu terdiri
dari satu macam. Seperti keduanya dari isim, atau dari dua fi’il atau dari dua
huruf.
a. yang terdiri dari dua isim
للسّود
في السّود أثار تركن بها # وقعا من البيض تثني أعين
البيض
Dalam hati seseorang
Ketika melihat indah hitamnya mata kekasih
Akan memberikan dampak kesemangatan di medan perang.
Bagi seseorang lelaki tampan berseri
Dalam menggunakan pedang yang tajam yang berkilau putih. (Ibnu Ar-Rumi)
لن
يعرف الواحد الاّ واحدا
Orang yang meng-esakan Allah tidak akan
mengetahui (bahwa sesuatu itu member manfaat dan madhorot) kecuali hanya pada Allah
yang Esa.
b. yang terdiri dari dua fi’il
تربت
يمين المسلمين وتربت يمين الكافرين
Beruntunglah tangan orang-orang islam dan merugilah tangan
orang-orang kafir.
c. yang terdiri dari dua huruf
ما
منهم من قائم
Tidak ada seorangpun darikaum itu yang berdiri.
(yang sama adalah huruf mim)
2. Badi’ Jinas Mustaufi
Apabila dua lafadz yang sama itu berbeda macamnya, seperti terdiri
dari isim dan fi’il atau dari dua huruf.
a. yang terdiri dari fi’il dan isim
وسسمّيته
يحيىى ليحيى فلم يكن # لأمر قضاه الله في النّاس من بدّ
Anak ini kuberi nama Yahya Agar ia hidup
bahagia
Seorang anak atas taqdir Tuhan tak kan bisa mengelakkan
b. terdiri dari fi’il dan huruf
علا
على رأس الجبل
Orang itu naik ke atas puncak gunung.
c. terdiri dari huruf dan isim
إنّك
لن تنفق نفقة تبتغي بها وجه الله الاّ
أٌجرت عليها حتّى ما تجعل في في امرأتك
Sesungguhnya kamu tidak memberikan suatu nafkah yang hanya semata
karena Allah kecuali kamu mendapatkan pahala, sehingga sesuatu yang kamu
berikan di dalam mulut istrimu.
[i]
Badi’ Jinas Murokkab
Sebagian dari pembagian
badi’ Jinas Tam adalah Badi’ Jinas Murokkab.
ما
كان أحد لفظيه مركّبا
Apabila ada dua lafadz yang sesuai yang salah satunya berupa lafdz
yang ditarkib.
Pembagian Badi’ Jinas Murokkab.
1. Badi’ Jinas Mutasyabbih
Yaitu : Apabila ada dua lafadz yang sama itu sama di dalam
penulisannya.
Seperti dalam syair :
إذا
مالك لم يكن ذا هبة # فدعه فدولته ذاهبة
Bila seorang raja tak lagi berkuasa, maka dia tak lagi memiliki
pemberian
Maka tinggalkanlah dia karena kekasannya telah pergi dan
sirna (Abul Fath Al-Busti)[ii]
2. Badi’ Jinas Mafruq
Yaitu : Apabila lafadz yang sama itu berbeda di dalam
tulisannya.
Seperti dalam syair :
كلّكم
قد أخذ الجا # م ولا جام لنا
ما
الّذي ضرّ مدير ال # جام لو جاملنا
Kalian telah mengambil gelas untuk minum arak dan tidak ada gelas
arak bagiku
Orang yang mengelilingi gelas arak tidak membahaykanku bila ia berbuat
baik padaku ( Abul Fath Al-Busti)
3. Badi’ Jinas Muharrof
Yaitu : Apabila dua lafadz yang sama itu berbeda di dalam
keadaannya (harokat atau sukunnya)
جبّة
البرد جنّة البرد
Jubah dari selendang yang bergaris-garis adalah
pelindung rasa dingin.
(Al-Burd, ba’nya di dlommah, Al-Bard, yang kedua ba’nya difathah)
BADI’ JINAS NAQISH
Devinisi Badi’ Jinas Nasqish
ما
اختلف اللّفظان فيه في أعداد الحروف
Apabila dua lafadz yang sesuai itu berbeda di dalam bilangan huruf,
walaupun perbedaan tersebut hanya satu huruf.
Para ahli ilmu badi’ mengemukakan, bahwa gaya bahasa jinas ini
dapat meningkatkan keindahan uslub, serta mempercantik ritmenya. Namun yang
perlu di ketahui bahwa kelebihan tersebut baru akan terwujud apabila gaya
bahasa jinas terjadi secara alami dan tidak di buat-buat. (Al-Balaghatu
l-wadhihah 144-147, Mustafa amin, tanpa tahun)
Sedangkan perbedaan dalam bilangan huruf itu terbgai menjadi dua,
yaitu :
Perbedaan dalam satu huruf dan perbdaan lebih dari satu huruf.
-
Perbedaan satu
huruf di awal.
والتفّت
السّاق بالسّاق . إلى ربّك يومئذ المساق .
29. dan bartaut betis (kiri) dan betis (kanan)[iii]
30. Kepada Tuhanmulah pada hari itu kamu dihalau. )Q.S Al-Qiyamah : 29-30)
-
Perbedaan satu
huruf di tengah
جدِّيْ
جهدي
Bagian dan kekayaanku dari harta dunia adalah sesuai kadar
kepayahan dan kerja kerasku (bukan karena warisan)
-
Perbedaan satu
huruf di tengah
يمدّون
من أيد عواص عواصم # تصول بأسياف قواض قواضب
Mereka mengulurkan lengannya pada tangan orang yang memukul musuh
dengan pedang penjaga diri
Tangan itu telah berbuat kejahatan dengan pedang hakim yang
memotong leher. (Abu Tamam)
-
Perbedaan lebih
dari satu
إنّ
البكاء هو الشفا # ء من الجوى بين الجوانح
Sesungguhnya menangis adalah sebagai obat
Kedukaan hati yang berada di antara tulang rusuk.
Pembagian Badi’ jinas Naqish
Badi’ jinas Naqish terbagi menjadi dua, yaitu :
1. Badi’ Jinas Mudlori’
2. Badi’ Jinas Lahiq (Mabaadiul
Balaghah 93-98, Sholahuddin Shofwan, tanpa tahun)
Badi’ Jinas Mudlori’
Apabila dua huruf yang berbeda itu masihb berdekatan makhrojnya
Perbedaan huruf ini adakalanya di awal, di tengah atau di akhir.
a. yang berbeda di awal
بيني
وبين كنّي ليل دامس وطريق طامس
Antara aku dan rumahku ada malam yang gelap gulita dan jalan yang
telah hilang tandanya. (Jarir)
(antara huruf dal dan tho’ adalah mutaqoribain, berdekatan
makhrojnya)
b. yang berbeda di tengah.
وهم
ينهون عنه وينئون عنه
Dan mereka melarang (orang lain) mendengarkan Al-Qur’an dan mereka
sendiri menjauhkan daripadanya. ( Q.S Al-An’am : 26 )
c. yang berbeda di akhir.
ألخيل
معقود بنواصيها الخير إلى يوم القيامة
Badi’ Jinas Lahiq
Adalah : Apabila dua huruf yang berbeda itu berjauhan di dalam
makhrojnya.
a. yang bebeda di awal.
ويل
لّكلّ همزة لّمزة
Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela. (Q.S
Al-Humazah : 1)
(antara lafadz humazah dan lumazah. Lam dan ha’ adalah mutaba’idain
(berjauhan makhroj dan sifatnya)
b. yang berbeda di tengah.
وإنّه
على ذالك لشهيد . وإنّه لحبّ الخير لشديد
Dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya
Dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta. (Q.S Al-Adiyat
: 7-8 )
c. yang berbeda di akhir.
وإذا
جاءهم أمر من لأمن أو الخوف أذاعوابه
Dan apabila datanga kepada mereka suatu berita tentang keamanan
ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. (Q.S An-Nisa’ : 83 )
Badi’ Jinas Qolbi
Qolb secara bahasa artinya membalik, sedangkan mengikuti istilah
ulama balaghoh adalah :
Apabila terdapat dua lafadz yang ada kecocokan, tetapi ada
perbedaan dalam urutan huruf, baik keseluruhan atau sebagian. (Ahmad Musthafa
Al-Maroghi, 2002, Ilmu Balaghah: Bayan Ma’ani Badi’)
Pembagian Badi’ Jinas Qolbi
Badi’ Jinas Qolbi dibagi menjadi 4 (empat)
1. Badi’ Jinas Qolbi Kull
Apabila lafadz yang ada kecocokan itu ada perbedaan urutan huruf
secara keseluruhan
حسامه
فتح لأوليائه حتف لأعدائه
Pedang kekasih adalah menolong pada pengikutnya dan membunuh pada
musuh-musuhnya.
(dua lafadz yang ada kecocokan, yaitu lafadz fathun dan hatfun itu
urutan hurufnya dibalik secara keseluruhan)
2. Badi’ Jinas Ba’dl
Apabila lafadz yang ada kecocokan itu ada perbedaan sebagaian
urutan hurufnya.
أللّهمّ
استر عوراتنا وأمن روعتنا
Ya Allah tutuplah aib-aib kami, dan sentosakanlah kami dari semua
kekhawatiran.
(pada lafadz ‘aurotana dan rou’atana terdapat perbedaan urutan
sebagian huruf)
3. Badi’ Jinas Mujannah
Apabila salah satu dari dua lafadz yang ada perbedaan urutan huruf
itu salah satunya berada di permulaan bait dan yang lain berada di ahir bait.
لاح
أنوار الهدى من # كفّه في كلّ حال
Cahaya petunjuk itu telah tampak dari telapak tangannya dalam
setiap keadaan.
4. Badi’ Jinas Mudawij
Apabila dua lafadz yang ada kecocokan, yang sebagian hurufnya itu
mutajanisain (berbeda dalam makhroj, sama di dalam jenis) itu tempatnya
berdampingan.
وجئتك
من سباء بنباء يقين
Dan kubawa kepadamu dari negeri saba[iv]
suatu berita penting yang diyakini (Q.S An-Nahl : 22)
(pada lafadz saba’in dan naba’in, yang terdapat huruf sin dan nun,
yang keduanya mutajanisain itu tempatanya berdampingan)
III. AL-MULHAQ BIL JINAS
(Lafadz yang disamakan dengan Badi’ Jinas)
1. Badi’ Jinas Isyaroh
2. Badi’ Jinas Roddul ‘Ajzi
Badi’ Jinas Isyaroh
Badi’ Jinas
Isyaroh adalah apabila salah satu dari dua lafadz yang sama tidak disebutkan
secara jelas, tetapi dengan cara diisyarohi
فرّ
الأسد من اسمه
Orang yang namanya Asad itu lari dari namanya.
(asad yang kedua tidak disebutkan secara jelas, tetapi hanya
diisyarohi dengan menggunakan dzomir)
Badi’ Jinas Roddul ‘Ajzi
Badi’ Jinas Roddul ‘Ajzi menurut ‘Ulama Balghoh terbagi menjadi dua
bagian :
1. Badi’ Jinas Roddul ‘Ajzi dalam Natsar (bukan syair)
Apabila salah satu dari dua lafadz yang sama berada di awal ayat
dan yang lain berada di ahir ayat
وتخشى
النّاس والله أحق أن تخشه
2. Badi’ Jinas Roddul ‘Ajzi dalam kalam nadhom
Badi’ ini ada empat bagian :
a. salah satu dari lafadz yang sama berada di ahir dan yang lain
berada di permulaan mishro’ awal (setengah bait yang pertama)
سريع
إلى ابن العمّ يلطم وجهه # وليس الى داعي النّدى بسريع
b. salah satu dari lafadz yang sama berada di ahir, yang lainnya
berada di tengah (hasywu) misro’ awal.
تمتّع
من شميم عرار نجد # فما بعد العشيّة من عرار
c. salah satu dari lafadz yang sama berada di ahir, yang lainnya
berada di ahir misro’ awal.
ومن
كان بالبيض الكواعب مغرما # فما زلت بالبيض القواضب معرما
d. salah satu dari lafadz yang sama berada di ahir, dan yang
lainnya berda di permulaan mishro’ yang kedua.
أملتهم
ثمّ تأمّلتهم # فلاح لي أن ليس فيهم فلاح
Badi’ Jinas Roddul
‘Ajzi ditinjau dari segi lafadznya yang sesuai terbagi menjadi 3
1. Badi’ Roddul ‘Ajzi mukarror
Yaitu: apabila lafadz yang sama diulangi
وتخشى
النّاس والله أحق أن تخشه
Dan kamu takut
kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti. (Q.S Al-Ahzab
: 37)
2. Badi’ Roddul ‘Ajzi Mujanis.
Yaitu : apabila lafadz yang sama itu sejenis
سائل
اللّئيتم يرجع ودمعه سائل
Orang yang
meminta orang tercela dia akan kembali dengan kecewa, bersamaan air
matanya mengalir
(lafadz saa-ilun yang pertama dari mashdar su-aal yang artinya
meminta, sedangkan lafadz saa-ilun yang kedua dari mashdar sayalaan yang
bermakna mengalir)
3. Badi’ Roddul ‘Ajzi Mulhaq
Yaitu : dua lafadz yang ada kecocokan itu disamakan dengan dua
lafadz yang sejenis, gambarannya dua lafadz itu sama dalam musytaqnya
(cetakannnya) atau disamakan dalam musytaqnya.
a. yang sama dalam musytaqnya
فقلت
استغفروا ربّكم إنّه كان غفّارا
Maka Aku
katakan kepada mereka : ‘mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sesungguhnya dia Maha
Pengampun. (Q.S Nuh : 10)
(lafadz istaghfiruu dan ghofaaron itu sama dalam cetakannya, yaitu
dari mashdar ghufron yang artinya ampunan)
b. yang disamakan dalam musytaqnya
قال
إنّى لعملكم مّن القالين
Luth berkata :
“sesungguhnya Aku sangat benci kepada perbuatanmu”
(lafadz qoola dari mashdar qoul yang artinya bicara, lafadz qoolin
dari mashdar qolyu yang artinya benci)
(Jauharul Maknun 174, Muhammad Bin Makhluf, tanpa tahun)
[i]
Diriwayatkan imam Al-Bukhori dalam bab Ad-da’awat, dan diriwayatkan imam ibnu
Hibban dari jalur Sa’ad Bin Abi Waqosh.
[ii]
Al-Busti adalah nama satu daerah di wilayah Sijistan, ia adalah seorang penyair
hebat di zamannya, lalu beliau hijrah ke tanah Bukhoro, dan wafat di sana pada
tahun 400 H
[iii]
Karena hebatnya penderitaan di saat akan mati dan ketakutan akan meninggalkan
dunia dan menghadapi akhirat.
[iv]
Saba nama kerajaan di zaman dahulu, ibu kotanya Ma’rib yang letaknya dekat kota
San’a ibun kota Yaman sekarang.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Maroghi, Ahmad Musthafa. 2002, Ilmu Balaghah: Bayan Ma’ani
Badi’. Beirut: Daarul Kitab Ilmiah
Shofwan, Sholahuddin. 2008. Mabaadiul Balaghoh. Jombang:
Daarul Hikmah.
Makhluf bin Muhammad. TT, Jauharul Maknun. Semarang:
Kharomain.
Ghufran, Muhamad. TT, Balaghah: Ilmu Badi’. Ponorogo:
Darussalam Press.
Amin, Mustafa. TT, Al-Balaghatul Wadhihah. Semarang: Daarul
Ma’arif.Sumber : http://al-jinas.blogspot.com/
EmoticonEmoticon