-->

WANITA HAID BOLEH MASUK MASJID



Masjid adalah salah satu tempat kebanggaan umat Islam sedunia, hampir semuanya mempunyai rohabah/serambi yang biasa digunakan jama'ah dan i'tikaf, dan tidak jarang masjid/ rohabah dibuat sebagai tempat yang bernuansa religi, semisal manakiban, dibaan, selapanan, belajar mengajar dan kegiatan lain, dengan alasan ngurip-ngurip masjid, syiar Islam, memudahkan koordininasi, dan alasan lainnya. Kebanyakan dari mereka adalah wanita, yang ironisnya di saat datang bulan pun mereka juga ikut diam (muktsu) di sana, dan bila dilarang bertempat di masjid, mereka justru memilih tidak ikut.

Pertanyaan :
a.          Apakah ada qoul yang memperbolehkan wanita haid berdiam di masjid/rohabah-nya?
b.         Jika tidak ada, bagaimana solusinya?
Jawaban :
a.          Ada, Dari qoul sebagian Ulama’ yang bermadzhab Hambali dengan syarat :
-          Sudah Berwudlu
-          Wudlunya dilakukan setelah berhentinya darah haidl.
b.         Gugur
Referensi
1.         al-Fiqh al_islamiy juz II hlm. 02          2.         Syarh al-Kabir li Ibni Qudamah juz I hlm. 209
Ibarat :
1.         الفقه الإسلامي وأدلته - (ج 2 / ص 2)
دخول المسجد، واللبث والاعتكاف فيه، ولو بوضوء، لقوله )ص( [لا أحل المسجد لحائض ولا جنب] وأجاز الشافعية والحنابلة للحائض والنفساء العبور في المسجد إن أمنت تلويثه، لأنه يحرم تلويث المسجد بالنجاسة وغيرها من الأقذرار ، ولما روت عائشة رضي الله عنها قالت: قال لي )ص( [ناوليني الخُمُرة من المسجد، فقلت: إني حائض ، فقال : إن حيضتك ليست في يدك] وعن ميمونة رضي الله عنها قالت ( تقوم إحدانا بالخُمْرة إلى المسجد ، فتبسُطُها وهي حائض) هذا الحنابلة أيضا للحائض المكث في المسجد بوضوء بعد انقطاع الدم.
2.         الشرح الكبير لابن قدامة - (ج 1 / ص 209)
فان توضأ الجنب فله اللبث في المسجد عند أصحابنا وهو قول اسحاق، وقال الاكثرون لا يجوز للآية والخبر، ووجه الاول ما روى زيد بن أسلم قال: كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم يتحدثون في المسجد على غير وضوء وكان الرجل يكون جنبا فيتوضأ ثم يدخل فيتحدث وهذا اشارة إلى جميعهم فنخص عموم الحديث، وعن عطاء بن يسار قال: رأيت رجالا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم يجلسون في المسجد وهم مجنبون إذا توضوء وضوء الصلاة. رواه سعيد بن منصور والاثرم، وحكم الحائض إذا انقطع حيضها حكم الجنب، فأما في حال حيضها فلا يباح لها اللبث لان وضوءها لا يصح
والله أعلم بالصواب

Advertisement


EmoticonEmoticon