HUKUM TA'MIR MENGGUNAKAN KAS MASJID
ta'mir masjid |
Untuk
mengelola masjid agar bisa lebih makmur perlu dibentuk ta'mir dan mencari
sumber dana untuk kas masjid.
Pertanyaan:
Bolehkah
menggunakan kas masjid untuk membeli seragam ta'mir dan segala biaya
operasional masjid?
Jawab :
Bila para
penyumbang dana tersebut memaksudkan sumbangannya untuk membangun masjid,maka
hanya boleh di tasyarufkan untuk hal-hal yang berhubungan dengan pembangunan.
dan bila berupa barang yang diwakafkan untuk masjid atau untuk kemaslahatan
masjid, maka hasil (roi')nya juga di perbolehkan untuk pembangunan,membayar
tukang bangunan,membeli kopi,rokok dan semua biaya operasional.
Keterangan
dari kitab:
Bughyatul
musytarsyidin hal 65-66
فما
يجمعه الناس ويبذلــونه لعمارتها بنحو نذر او هبة وصدقة مقبوضين بيد
الناظر
او وكيله كالساعى فى العمارة بإذن الناظر يملكه المسجد ويتولى الناظر العمارة
بالهدم والبناء وشراء الالة والإستئجار الخ
Maka sesuatu
yang dikumpulkan masyarakat baik berupa nadzar,hibah, sedekah yang mana
diserahkan kepada Nadzir masjid atau wakil-wakilnya untuk pembangunan masjid,
maka barang-barang tersebut menjadi milik masjid.dan bagi nadzir boleh
menggunakannya untuk membongkar, merenofasi,me
mbeli alat-alat dan ongkos sewa (semua yang berhubungan dengan pembangunan).
(مسئلة ب)يجوز للقيم شراء عبد للمسجد ينتفع به لنحو نزح إن تعينت
المصلحة فى ذلك إذ المدار كله من سائر الأولياء عليها ...ويجوز بل يندب للقيم أن
يفعل ما يعتاد فى المسجد من قهوة ودخون ونحوهما مما يرغب نحوالمصلين وإن لم
يعتدقبل إذازاد على عمارته.
Boleh bagi
orang yang membangun masjid(panitia pembangunan) membeli budak untuk ditugasi
menguras bila memang dibutuhkan dan maslahatnya demikian.karena tugas wali atau
pengelola adalah membudidayakan kemaslaha-
tan.dan boleh
bagi panitia pembangunan untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku
seperti (membeli) kopi,merokok dan sesamanya yakni sesuatu yang menarik simpati
orang supaya rajin sholat walaupun sebelumnya belum pernah menjadi kebiasaan.
(مسئلة ك)قال الخطيب فى المغنى ويصرف الموقوف على المسجد وقفا
مطلقا على عمارته فى البناء والتجصيص المحكم والسلم والسوارى للتظليل بها والمكانس
والمساحى لينقل بها التراب...وفى اجرة قيم لا مؤذن وامام وحصر ودهن,لأن القيم يحفظ
العمارة بخلاف الباقى,فإن كان الوقف لمصالح المسجد صرف من ريعه لمن ذكر لا لتزويقه
ونقشه بل لو وقف عليها لم يصح اهـ واعتمد فىالنهاية أنه يصرف للمؤذن وما بعده فى
الوقف المطلق ايضا ويلحق بالمؤذن الحصر والدهن.
Syaikh Khotib
dalam kitabnya Al Mughni berkata:barang yang diwakafkan kepada masjid dengan
wakaf mutlak untuk membangun masjid,maka harus digunakan untuk
membangun,melepa,membuat tangga,membuat pagar untuk berteduh,membuat (membeli)
sapu,sekop untuk memindah debu…membayar panitia pembangunan,dan tidak boleh
untuk membayar muadzin,imam,membeli tikar,minyak(membayar listrik) karena
panitia pembangunan adalah orang yang mengurus pembangunan masjid.dan bila
wakaf tersebut untuk kemaslahatan masjid,maka boleh digunakan untuk hal-hal
yang telah disebutkan,bukan untuk menghias atau mengukirbahkan kalau diwakafkan
untuk itu (menghias atau mengukir)maka wakafnya tidak sah.Imam Ar Romli dalam
kitab An Nihayah berkata:Sesuatu yang diwakafkan secara mutlak boleh di gunakan
untuk mengupah muadzin,imam,membeli tikar dan minyak.
EmoticonEmoticon