-->

Tata Cara Shalat Jenazah



MENSHOLATI JENAZAH
Setelah mengkafani jenazah kewajiban selanjutnya adalah mensholatinya,sholat jenazah dianggap sah apabila memenuhi syarat-syarat serta rukun-rukunnya,sedangkan syarat-syaratnya adalah sama seperti sholat yang lain,cuma dalam mensholati jenazah disyaratkan lagi jenazahnya harus suci dari najis,adapun rukun-rukun dalan sholat jenazah adalah sebagai berikut :
               

I.   Cara melakukan sholat jenazah:

  1. Niat sholat jenazah
 اُصَلِّي عَلَى هَذَا اْلمَيِّتِ ( هَذِهِ الْمَيِّتَةِ)  اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya: Saya niat mensholati pada jenazah ini empat takbir  , fardhu karena Alloh ta`ala


اُصَلِّي عَلَى اْلمَيِّتِ......اْلغَائِبِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya: Saya niat mensholati pada jenazah bernama ……  empat takbir  , fardhu karena Alloh ta`ala

اُصَلِّي عَلَى مَنْ حَضَرَ مِنْ اَمْوَاتِ الْمُسْلِمِيْنَ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya: Saya niat mensholati pada jenazah yang hadir dari beberapa jenazah orang islam  empat takbir  , fardhu karena Alloh ta`ala

 
Makmum boleh memakai :
اُصَلِّي عَلَى مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ اْلاِمَامُ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتِ فَرْضًا مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya: Saya niat mensholati pada jenazah yang disholati oleh imam empat takbir  , fardhu dengan menjadi karena Alloh ta`ala


  1. Berdiri bagi yang mampu.
  2. Membaca takbir empat kali.
  3. Membaca surat Al-fatihah.
  4. Membaca sholawat nabi ( wajib dilakukan setelah takbir yang kedua )    
  5. Mendo`akan jenazah  ( wajib dilakukan setelah takbir yang ketiga )
      Do`anya  semisal :
اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
Artinya: Ya Alloh ampunilah ia , kasihanilah ia, sejahterakanlah ia dan maafkanlah kesalahanya.
7.   Salam pertama ,sebagaimana salam pada selain sholat jenazah ( wajib dilakukan setelah takbir yang  keempat )
      Ambilan keterangan &:
- ( No 1 -  7 )Kitab Bajuri Juz I  Hal 249-252 
II.   Kesunahan –kesunahan dalam sholat jenazah :
1.      Membaca ta`awud sebelum membaca surat Al-fatihah.
  1. Membaca Amin setelah  membaca surat Al-fatihah.
  2. Setelah takbir keempat  dan sebelum salam membaca do`a
  اللّهُمَّ لاَتَحْرِمْناَ اَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِناَ بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَناَ وَلَهُ.
Artinya: Ya Alloh jangan engkau halangi kami dari mendapatkan ganjaranya, janganlah engkau beri fitnah sepeninggalnya, serta ampunilah kami dan dia.
      5.   Melakukan salam yang kedua.
      6.    Sholat jenazah dilakukan dilakukan didalam masjid.
      7.    Orang yang mensholati berbaris sebanyak tiga baris atau lebih .
Ambilan keterangan  &:
- ( No 1 -7 )Kitab Bajuri Juz I  Hal 251-254
 NB : (Dhomir niat sholat dan doa supaya disesuaikan dengan keadaan jenazah.)
III.  Catatan mengenai sholat jenazah :
Ø  Syarat untuk menjadi sahnya sholat jenazah:
-          Jenazah harus dimandikan terlebih dahulu atau ditayamumi ketika tidak mungkin untuk memandikanya             
-          Jenazah harus berada didepan orang yang mensholati walaupun sudah dikuburkan. Kecuali mensholati pada jenazah yang qoib.
Ø  Sah mensholati pada jenazah yang ghoib dari daerah, sebagaimana terletak ditempat yang jauh , sekira menurut umum jenazah iti tidak digolongkan lagi pada daerah tersebut.
Ø  Apabila jenazah berada didalam jurang atau tempat yang  jenazah itu sulit dikeluarkan maka tidak usah    disholati.
Ø  Yang lebih baik surat Al-fatihah dibaca setelah takbir yang pertama.
Ø  Posisi berdiri orang yang mensholati pada jenazah  laki-laki adalah  sejajar dengan kepala jenazah.
Misalnya:



shalat janazah





Ø  Posisi berdiri orang yang mensholati pada jenazah  perempuan  adalah  sejajar dengan pantat / pertengahan badan .
Misalnya:





shalat mayit wanita





Ø  Boleh mensholati beberapa jenazah dengan satu sholatan.
Ø  Menyolati jenazah didalam peti ( jawa : terbelo ), apabila berada dimasjid maka sah secara mutlak ( baik peti dipaku tau tidak ). Sedangkan bila berada diselain masjid maka juga sah , jika peti tidak dipaku.
Ø  Melakukan sholat jenazah dua kali ( yang  pertama dilakukan dengan sholat ghoib yang kedua dilakukan dengan sholat hadir atau sebaliknya ) itu hukumnya kilaful aula ( tidak lebih baik ) menurut qoul asoh.
Ambilan keterangan &:
-    ( No 1,4  ) Kitab Bajuri Juz I  Hal 250-251
-    ( No 1,3  ) Kitab Imamudin Hal 36
-    ( No  5-7 ) Kitab Qulyubi  Juz I  Hal 377   
-    ( No  8   ) Kitab Bujairimi Khotib  Juz  1  Hal  478
-          ( No 2  )Kitab I`Anatut Tholibin Juz II Hal 132-134
-     ( No  9   ) Kitab Fatawi Imam Nawawi Hal 77
-    Ditambah keterangan dari sumber yang lain.   

Advertisement


EmoticonEmoticon