-->

Terorisme dalam pandangan Islam dan persepektif Fiqh

Tragedi dua menara kembar, WTC dan Pentagon di kota New York  AS. Pada  tanggal 11-9-2001 tahun lalu, membuat berang kepala negara super power tersebut, terutama pada Osama bin Laden dan kelompok jaringan teroris Al Qaida selaku tersangka utama kejadian tersebut. Sehingga pasca peristiwa itu Bush spontan melakukan kampanye dan lobi  ke dunia Internasional Islam atau Non Islam untuk menumpas terorisme global dengan selogan “Perang kita terhadap terorisme tidak ada hubungannya dengan Agama“ sementara kalangan dunia Islam terjadi kontroversial menannggapi hal tersebut. Menurut kalangan Islam moderat ( Mesir , Pakistan dan lain-lain)  menyambut baik, sekaligus  mengutuk tindakan teroris tersebut. Karena tidak sesuai dengan ajaran Islam yang bersifat toleran. Tapi dari kalangan Islam radikal (Iraq, Libia dan Yordan) memuji tindakan tersebut. Karena secara politis, sepanjang sejarah kebijakan AS terhadap umat Islam dan setiap intervensinya terhadap Negara Islam tidak pernah menguntungkan pihak Islam, malah tidak lepas dengan tendensi politik untuk menghancurkan Islam secara bertahap dan memecah belah solidaritas Islam. Misalnya dengan Invasinya AS baru-baru ini ke negara muslim Afghanistan yang telah memakan korban ribuan orang muslim dengan dalih bahwa negara tersebut sarang terorisme dan tempat persembunyian Osama bin Laden.

Pertanyaan :
a.    Apa devinisi terorisme menurut perspektif  Islam?
b.    Bagaimana pandangan Islam atas serangan terorisme di atas jika pelakunya adalah muslim militan yang berniat jihad fi sabilillah  (berjuang di jalan Allah)?
c.    Bagaiman hukumnya orang Islam/Negara Islam menerima ajakan AS memerangi terorisme? Sementara, kenyataannya adalah kelompok muslim radikal?
d.    Sejauh manakah kewajiban kita dalam membela Islam, kaitannya dengan invasi AS terhadap saudara kita di  Afghan?
e.    Bagaimana sikap kita umat Islam melihat kondisi dunia Islam menjadi dua kubu  (Islam Moderat dan Islam Radikal) yang keduanya kontroversial?

Jawaban :
a.    Terorisme adalah penggunaan kekerasan atau penekanan untuk menghilangkan rasa aman bagi masyarakat.

Referensi :
Tafsir al-Munir Juz II Hal: 163
Tafsir Ibnu Katsir
Tafsir al-Kabir Juz IV Hal: 109


وعبارته فى تفسير المنير جز 6 ص 163
هذه اية المحاربة وهي المضادة والمخالفة الشاملة لجريمة الكفر وقطع الطريق واخافة السبيل والافساد في اللارض وبما ان هذه الجريمة تمس امن المجتمع كله وتهز كيانه وتنشر الرعب والقلق والخوف في اوساط الناس الامنين شدد الله تعالى في عقوبة المحاربين وهم الذبن لهم قوة ومعنة وشوكة ويتعرضون للمارة من المسلمين أو أهل الذمة ويتعددون على الارواح والاموال والاعراض اهـ
وعبارته فى التفسيرابن كثير
ومن رباط الحيل ترهبون به عدوا لله وعدوكم واخرين من دونهم لاتعلمونهم الله يعلمهم وماتنفقوا من شيء في  سبيل الله يوف اليكم وانتم لاتظلمون وقوله ترهبون أي تخوفون
وعبارته فى تفسير الكبير جز 4 ص 109
ثم قال تعالى (ولاتفسدوا في الارض بعد اصلاحها ) وفيه مسألتان المسألة الاولى قوله (ولاتفسدوا في الارض بعد اصلاحها) معناه ولاتفسدوا شياء في الارض فيدخل فيه المنع من افساد النفوس بالقتل وبقطع الاعضاء وافساد الاموال بالغصب والسريقة ووجوه الحيل وافساد الاديان باالكفر والبدعة وافساد الانسان بسبب الاقدام على الزنا واللواطة وبسبب القذف وافساد العقول بسبب شرب المسكرة وذلك لان  مصالح المعتبر في الدنيا في هذه الخمسة النفوس والاموال والانسان والاديان والعقول الى قوله المسألة الثانية وهي الاية تدل ان الاصل في المضار الحرمة المنع على الاطلاق
   
b.    Jika pelakunya adalah Islam militan yang mempunyai tujuan   جهاد في سبيل الله (berjuang di jalan Allah), maka Islam sangat memandang positif dan bahkan itu bisa menjadi fardlu Kifayah. Tapi juga harus mempertimbangkan sisi negatif yang ditimbulkan.

Referensi :
Fatawa Isma’il Hal: 199
I’anatu al-Thalibin Juz IV Hal: 206
Hasyiyatu al-Jamal Juz V Hal: 1794.
Nailu al-Authar Juz VIII Hal: 25

وعبارته فى فتاوي الاسماعيل ص 199
يقول العز ابن عبد السلام : ان الجهاد لايتقرب به الى الله من جهة كونه افسادا وانما يتقرب به من جهة كونه وسيلة الى درء المفاسد وجلب المصالح وهذا يعني كما قال جمهور الفقهاء ان الاصل هو السلم وحقن الذماء ولا تشرع الحرب الا عند ما تكون هي وسيلة الوحيدة الرحماية السلم ودرء الفتن وحفظ الارواح وعند تذلامنا ص من تطبيق القاعدة القائلة (يتحمل الضرر الاخف درء للضرر الاعظم وبمقتضى ذلك يقرر المعظم الفقهاء ان الباعث على القتال الذي يدخل في تعريف الجهاد انما هو درء الحرابة وحماية السبيل الى تعريف الناس باالا سلام وبحيث يتمكن المسلمون من النهوض به على اتم وجه وفي كل مكان وليس مجرد صفة الكفر الذي يتلبس بها غير المسلمين
وعبارته فى اعانة الطالبين جزء 4 ص 206
ووجوب الجهاد وجوب الوسائل لا المقاصد اذ المقصود باالقتال انما هو الهداية وما سواها من الشهادة واما قتل الكفار فليس بمقصود حتى لو امكن الهداية باءقامة الدليل بغير جهاد كان اولى من الجهاد اهـ
وعبارته فى  حاشية الجمل ج 5 ص 179
(والجهاد مشتق من الجهد بفتح الجيم أي المشقة لما فيه من ارتكابها او من الجهد باالضم وهو الطاقة لان كل واحد منهما بذل طاقته في دفع صاحبه وهو في الاصلاح قتال الكفار لنصرة الاسلام ويطلق ايضا عليى جهاد النفس والشيطان والمراد باالترجمة الاول )اهـ
وعبارته فى نيل الاوطار جزء 8 ص 25
واما مجاهدة الكفار فتقع بااليد والحال واللسان والقلب .
    Jawaban:
c.    Tidak boleh

Referensi :
Tafsir Jalalain Hal: 149
Tafsir Munir

وعبارته فى تفسير الجلالين ص 149
(يأيها الذين امنو ان تطيعوا الذين كفروا ) فيما يأمرونكم به (يردوكم على اعقابكم ) الى الكفر (فتنقلبوا خاسرين )
وعبارته فى  تفسير منير
(لايتخذ المؤمنون الكافرين اولياء من دون المؤمنين ) أي لايوالي المؤمنون الكافرين لااستقلالا ولا اشتراكا مع المؤمنين وانما الجاءز لهم قصر الموالة و المحبة بان يوالي بعضهم بعضا فقط واعلم ان كون المؤمن مواليا للكافر يحتمل ثلاثة اوجه احدها ان يكون راضيا بكفره ويتولاه لاجله وهذا ممنوع لان رضي با الكفر كفر وثانيها المعاشرة الجميلة في الدنيا بحب الظاهر وذالك غير ممنوع وثالثها الركون الى الكفار والمعونة والنصرة اما بسبب القرابة او بسبب المحبة مع اعتقاد ان دينه باطل فهذا لايوجب الكفر الا انه نهي عنه لان الموالة بهذا المعنى قد تجره الى استحسان طريقه والرضى بدينه وذلك يخرجه عن الاسلام اهـ    

Advertisement


EmoticonEmoticon